Selamat Hari Kartini, Untukmu wanita

Pada hari penciptaan perempuan, malaikat bertanya kepada Allah:

"ya Allah apa keistimewaan dari ciptaanMu ini?"

Allah menjawab : "ada banyak keistimewaan yang dimiliki oleh ciptaanku ini. Di balik kelembutannya dia memiliki kekuatan yang begitu dahsyat. Tutur katanya merupakan kebenaran. Senyumnya adalah semangat bagi orang yang dicintainya. Pelukan dan Ciumannya dapat memberikan kehangatan bagi anak-anaknya. Dia tersenyum bila melihat temannya tertawa. Dia akan menangis bila melihat kesengsaraan. Dia mampu tersenyum di balik kesedihan. Dia sangat bahagia melihat kelahiran. Dia begitu sedih melihat kematian. Tetes air matanya dapat membuat perdamaian.

lalu Malaikat bertanya:

"Sybhanallah begitu istimewanyakah perempuan ya Allah?"

Allah menjawab:

"ya, tapi dia sering lupa satu hal."

"apa itu ya Allah?"

Allah menjawab: "bahwa betapa berharganya dia (harga diri, aurat, kesucian."

Saudariku Muslimah. Engkau tercipta untuk indahkan dunia, engkau adalah bunga dalam taman-taman kehidupan. Engkau adalah pemandangan yang menyejukkan. Saudariku Muslimah. Jaga keindahanmu dengan pakaian takwa, tebarkan harummu dengan akhlak mulia, sejukkan hati orang tuamu, suamimu,dan anak-anak dengan ketulusan cinta dan kasih sayang. Saudariku muslimah, pagi-pagi berpeluh keringat dengan segudang kerjaan didapur, apakah capekmu akan sia-sia?

Rasa capek itu akan terasa nikmat jika dilakukan dengan penghayatan, diiringi keyakinan dan harapan besar kepada Jaza' atau balasan yang Allah siapkan. Ada banderol harga untuk setiap peluh dan lelah yang kita rasakan. Rasulullah SAW bersabda, "tidakklah seorang muslim tertimpa rasa lela, sakit, duka, kesedihan, gangguan, dan kekhawatiran sampai duri yang menusuk. Melainkan Allah akan menghapus kesalahan-kesalahannya dengan semua hal tersebut."

(HR. Bukhari)

wallahu 'alam bishawaab..

Komentar